Jumat, 16 April 2010

Kehendak Allah Bagi Kita (1)

Pentingnya kehendak Allah bagi kita :

1. Mat 7:21-23
(21)  Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
(22)  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
(23)  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Bagian Alkitab diatas menyatakan betapa pentingnya kita untuk melakukan kehendak Allah, karena yang diperkenan masuk kedalam kerajaan Surga hanya mereka yang melakukan kehendak Allah. Bahkan dikatakan bahwa pada jaman terakhir akan banyak orang yang berseru-seru Tuhan, Tuhan bukankah aku sudah melakukan ini dan itu demi namaMu, ternyata mereka tidak melakukannya untuk melakukan kehendak Tuhan, melainkan untuk kehendak mereka sendiri. Dan Tuhan mengatakan : Enyahlah kamu sekalian pembuat kejahatan, hal ini menyatakan suatu hal yang sangat ironi. Karena tanpa melakukan kehendak Tuhan maka kita pun belum mengenal Kristus dan Kristus akan mengusir kita dari hadapanNya.

2. 1Jn 2:15-17
(15)  Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
(16)  Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
(17)  Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Ayat diatas pun memberikan peringatan pada agar tidak mengasihi dunia dan segala sesuatu yang didalamnya. Ayat ini memberikan konfirmasi bahwa siapapun yang melakukan kehendak Allah akan tetap hidup selama-lamanya. Tetapi secara tersirat menyatakan pula bahwa siapapun yang tidak melakukan kehendak Allah pasti akan binasa selama-lamanya.

Apakah kehendak Allah itu :

Mat 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
I Yoh 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Kata kehendak dalam 2 bagian ayat diatas dalam bahasa Yunani-nya (menggunakan Strong) adalah thelēma (dilafalkan thel'-ay-mah) yang artinya :
From the prolonged form of G2309 ; a determination (properly the thing), that is, (actively) choice (specifically purpose, decree; abstractly volition) or (passively) inclination: - desire, pleasure, will. 
(Ini adalah salah satu bentuk turunan dari G2309 (thelō ethelō) ; suatu tekad, yang secara aktif dapat memilih (khususnya tujuan, keputusan dan keinginan-keinginan abstrak) atau secara pasif kecenderungan untuk memiliki : - keinginan – kesenangan dan kehendak.)

Kehendak Allah adalah apa yang Allah kehendaki/inginkan untuk kita lakukan baik secara aktif maupun pasif dalam setiap saat didalam hidup kita untuk kemuliaanNya.

Soli Deo Gloria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar