Senin, 24 Mei 2010

Langkah - Langkah Baca Gali Alkitab (BGA)


1.    Persiapkan hati dan pikiran kita dengan berdoa : 
a. Minta pimpinan Tuhan didalam pembacaan dan penggalian prinsip Firman Tuhan.
b. Minta Kristus mengangkat semua dosa dan penghalang yang menghalangi kita untuk mendengarkan suaraNya didalam Alkitab.
C. Minta Roh Kudus untuk hadir dan membuka semua rahasia dari Firman Tuhan sehingga kita boleh mengerti setiap Firman Tuhan dan mampu melakukan semua prinsip dari Firman Tuhan.

2.    Baca bahan yang akan dibaca berulang-ulang sehingga mulai mengerti setiap alur dan gambaran dari Firman Tuhan. (Minimal 3-5 kali beserta konteks-konteksnya)

3.    Tuliskan setiap hal yang terdapat dari Firman Tuhan ayat demi ayat dan jangan terlepas dari konteks-konteksnya (Ingat : Ayat – ayat dalam Alkitab tidak satupun yang bertabrakan !! Karena Alkitab itu harmonis dari Kitab Kejadian – Kitab Wahyu, mungkin kita yang belum mengerti Alkitab sehingga kita menganggap ayat-ayat Alkitab itu ada yang bertabrakan), dengan bantuan kalimat pertanyaan sederhana :
a. Apa bagian yang kubaca (Ini adalah bagian pendataan).
b. Hal apa yang diterangkan oleh Firman Tuhan (Ini adalah bagian penguraian dan penganalisaan Firman Tuhan).
c. Dari bagian ini, hal apa yang dapat kulakukan untuk hidup sehari-hari (Ini adalah bagian penarikan Prinsip Firman Tuhan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari).

4.    Berkomitmen untuk mau melakukan Prinsip Firman Tuhan yang baru dibaca dan meminta pertolongan dari Roh Kudus/Roh Kristus untuk memampukan kita melakukan setiap Firman Tuhan. Jika ada prinsip didalam Alkitab yang bertabrakan dengan prinsip hidup anda, biarkan Firman Tuhan boleh mengoreksi hidup anda dan merubah hidup anda menjadi serupa didalam Kristus sehingga saudara semakin lama semakin mengerti dan melakukan kehendak Bapa diSorga.

5.    Selesai membaca Firman, berdoalah supaya Firman itu boleh tumbuh dan berakar didalalam hidup saudara dan tidak diambil oleh iblis. Karena serangan yang paling berbahaya dari iblis adalah mengambil Firman dan mengacaukan pikiran kita terhadap Firman !! bukan tentang penampakan setan dan gangguan setan secara langsung tetapi serangan yang paling berbahaya adalah berkaitan dengan Firman Tuhan dan pemahaman kita tentang Firman Tuhan. Karena itu berdolah dan berjaga-jagalah senantiasa didalam Kristus.

Mazmur 119:9  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firmanMu 
Mazmur 119:72 Taurat yang Kausampaikan adalah baik bagiku, lebih dari pada ribuan keping emas dan perak 
Mazmur 119:105 FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar